Home / Seputar Madina / Rawan Longsor, Kementerian PUPR Bangun Tembok Penahan di Jalinsum Morsip

Rawan Longsor, Kementerian PUPR Bangun Tembok Penahan di Jalinsum Morsip

MUARA SIPONGI (Mandailing Online) – Jalan Nasional di titik Desa Tanjung Alai, Dusun Pintu Angin, Kecamatan Muara Sipongi (Morsip) Kabupaten Mandailing Natal sedang berlangsung pembangunan tembok penahan longsor tebing.

Pembiayaan proyek ini berasal dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Titik ini termasuk rawan longsor,  dan beberapa ruas badan jalan amblas sehingga menjadi masalah bagi pengendara.

Titik yang todak jauh dari Bukit Dua Baleh ini memiliki kultur tanah yang labil terhadap longsor dan amblas, kian bahaya karena posisinya yang berjurang dalam.

Pantauan Mandailing Online, Kamis (26/11/2021) di beberapa lokasi pembuatan tembok sudah selesai, namun di beberapa tempat pengerjaannya sedang berlangsung.

Informasi yang diperoleh  dari pekerja, kegiatan pembangunan tembok penahan longsor tersebut merupakan paket longsoran Sidimpuan – Jembatan Merah – Ranjo Batu dari kementerian PUPR tahun 2021.

Secara teknis, pekerja mengungkapkan, pekerjaan ini diawali dengan penggalian untuk membuat fondasi, kemudian  dibangun tembok penahan, harapannya kedepan badan jalan menjadi kuat dan tidak terjadi amblas, dan untuk sisi sebelah kiri dibangun dek penahan agar dapat menahan longsor dari bukit.

Rahmad seorang pengemudi bus antar provinsi mengungkapkan bahwa dia merasa lega setelah melihat adanya proyek itu.

Bagi dan supir lainnya, titik titik di  jalur ini termasuk titik ekstrim pada  lintasan Sumatera.

“Perbaikan ini tentu sangat bermanfaat karena badan jalan kembali pada ukuran semestinya, dimana selama ini kita melintas di jalur ini dengan tikungan, tanjakan atau turunan dengan badan jalan sempit akibat amblas. Jadi dengan selesai nanti pembangunan tembok penahan longsor ini akan memberi kenyamanan bagi pengguna jalan yang melintas pada jalur ini,” ucapnya

Pantauan, meski di lokasi tersebut sedang berlangsung pekerjaan pembangunan tembok penahan tebing  jalan, namun arus lalulintas tidak terganggu, dan cenderung lancar.

Peliput : Ismail Ojie

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: