Home / Seputar Madina / Rehab Penahan Arus Sungai di Panyabungan Timur Diharap Selesai Tepat Waktu

Rehab Penahan Arus Sungai di Panyabungan Timur Diharap Selesai Tepat Waktu

PANYABUNGAN TIMUR (Mandailing Online) – Rehabilitasi bangunan dek penahan arus sungai di Kecamatan Panyabungan Timur Kabupaten Mandailing Natal (Madina) sedang berlangsung.

Diharapkan pekerjaannya selesai tepat waktu.

Dek ini urgen karena sejumlah titik jalan raya di Panyabungan Timur selalu rawan diterjang arus Sungai Aek Pohon.

Jalur jalan raya di Panyabungan Timur relatif mengikuti alur tepian sungai yang pada umumnya berkontur tebing curam.

Seorang pekerja Irfan Hasibuan yang dijumpai Mandailing Online di Simpang Suga, Rabu (26/10/2021) mengatakan, untuk rehabilitasi bangunan penahan banjir untuk tahun 2021 ada tiga titik berbeda di Kecamatan Panyabungan Timur yang mereka kerjakan.

Titik-titik ini merupakan titik rawan bilamana Sungai Aek Pohon meluap.

Satu titik berada di Simpang Suga, Desa Parmompang. Panjang penahan banjir 100 meter. Saat ini  progres pekerjaannya 98% pembesian, sebelum  dilaksanakan proses pengecoran beberapa hari kedepan, sebutnya.

Titik lainnya di Desa Tebing Tinggi dengan panjang pengerjaan 50 meter. Saat ini progresnya masih pengorekan, karena diterjang derasnya arus sungai, juga diakibatkan saluran sungai yang kecil ditambah debit air meningkat akibat curah hujan dalam beberapa hari terakhir,  membuat pekerjaan agak terlambat.

Selanjutnya titik Sidaing, Desa  Parmompang. Pada titik ini panjang pekerjaan 100 meter, dengan progres 36% pembesian.

Dia menjelaskan faktor cuaca salah satu faktor terlambatnya pekerjaan, dimana seperti satu pekan terakhir curah hujan di lokasi cukup tinggi, hal ini salahsatu faktor yang menjadi penghalang kelancaran pekerjaan.

“Mudah-mudaan curah hujan tidak tinggi dan debit air pada sungai Aek Pohon tidak naik sehingga pekerjaan lancar,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama di  Simpang Suga, PPK BPBD Kabupaten Mandailing Natal, Armada ST, MM mengatakan proyek ini adalah proyek APBN 2021 berupa dana hibah.

Armada berharap pekerjaan dek penahan banjir ini terlaksana dengan baik dan selesai tepat waktu sesuai dengan apa yang diprogramkan pemerintah.

“Kita berharap kegiatan ini selesai tepat waktu oleh karena itu pemerintah Madina mengawasinya dengan serius,” ucapnya.

Abdul Holik Nasution, seorang pengendara yang melintas kepada Mandailing Online mengatakan sangat bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah atas kegiatan ini.

“Moga pekerjaannya tidak ada kendala sehingga cepat selesai, dan bermanfaat bagi masyarakat,” ucapnya.

Peliput: Ismail Ojie

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: