Home / Seputar Madina / Sejumlah Tokoh Perantau Siap Bantu Pembangunan Madina

Sejumlah Tokoh Perantau Siap Bantu Pembangunan Madina

PANYABUNGAN (Mandailing Online) — Sejumlah tokoh nasional asal Mandailing Natal (Madina), Sumut menyatakan siap membantu pemerintah daerah dalam mempercepat proses pembangunan kabupaten ini.

Bantuan berupa sumbangan gagasan hingga melobi ke pusat-pusat sumber pembiayaan.

Hal itu disampaikan perwakilan tokoh nasional asal Madina saat bersilaturrahmi dengan Bupati H.M. Ja’far Sukhairi Nasution dan Wakil Bupati Atika Azmi Utammi di rumah dinas bupati Madina, di Panyabungan, Senin petang (3/10/2022).

Perantau asal Madina itu antara lain: Mulia P Nasution, Komjen (Purn) Saud Usman Nasution, Syaefullah Nasution, Lokot Zein Nasution, dan Khaerussaleh Lubis.

Pertemuan silaturrahmi dimulai sekitar pukul 17.00 dan berakhir jelang magrib. Dalam suasana penuh akrab mereka duduk dalam satu meja membicarakan berbagai hal terkait rencana pembangunan Madina, baik jangka pendek, menengah dan panjang.

Syaefullah Nasution menyebutkan kedatangan mereka ke Madina, selain menjalin silaturrahmi dengan bupati dan wakil bupati, juga dalam rangka menyampaikan keinginan membantu pemerintahan Ja’far Sukhairi-Atika Azmi Utammi mempercepat pembangunan daerah ini.

“Kami terpanggil dalam upaya mempercepat pembangunan Madina, tentu sebatas kemampuan yang kami miliki,” kata Syaefullah, yang saat ini menjabat ketua Ikanas (Ikatan Keluarga Nasution).

Menurut mantan kepala Bea Cukai Jawa Barat, ini banyak tokoh Madina yang dengan suka rela terpanggil ingin membantu bupati dan wakil bupati dalam mengejar ketertinggalan pembangunan.

Hal serupa dikatakan Mulia P Nasutuon. Mantan sekretaris jenderal Kementerian Keuangan RI, ini mengatakan sekecil apapun yang  bisa dilakukan para parantau, mereka sudah sepakat menjalin komunikasi untuk memajukan tanah kelahiran.

“Mudah-mudahan ini silaturrahmi positif bagi masyarakat. Kami juga berupaya menjalin komunikasi dengan perantau  lainnya, bukan cuma yang tinggal di Jakarta, tapi dimana pun sekarang mereka berdomisili,” sebutnya.

Saud Usman Nasution menyatakan tidak ada kata terlambat dalam membantu memajukan tanah leluhur. “Ini baru tahap awal, selanjutnya bakal ada pertemuan lagi membicarakan hal lebih teknis, termasuk mengenai konsep memajukan dunia pendidikan,” kata mantan kepala Polda Sumsel itu.

“Mudah-mudahan pertemuan ini berkah demi kemajuan kampung halaman kita,”  kata Lokot Zein Nasution, yang sekarang sebagai peneliti senior di Kementerian Keuangan RI.

Dia menegaskan, tidak ada tujuan lain pertemuan silaturrahmi tersebut, kecuali menyampaikan keinginan kepada kepala daerah supaya kita bersama-sama membangun Madina.
Bupati Ja’far Sukhairi  menyampaikan terima kasih atas kunjungan para perantau.

“Saya bersyukur atas kunjungan silaturrahmi ini. Apalagi abang-abang saya punya niat yang sangat mulia, yaitu ingin membantu pembangunan Madina,” katanya.

Atas nama Pemkab Madina dan masyarakat, bupati memberi apresiasi atas kunjungan para perantau. “Ini yang diharapkan. Sebab tidak mungkinlah amanah sebesar ini kami pikul sendiri, perlu dukungan dan bantuan semua elemen masyarakat, termasuk para perantau.”

Untuk menindaklanjuti diskusi petang itu, kata dia, direncanakan bakal ada pertemuan lanjutan membicarakan hal-hal teknis dalam rangka mendorong peningkatan pembangunan Madina.

Editor: Dahlan Batubara

 

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.