Home / Seputar Madina / Selalu Longsor, Trase Jalinsum Titik Purba Lamo Dialihkan

Selalu Longsor, Trase Jalinsum Titik Purba Lamo Dialihkan

Pengendara sepeda motor memperhatikan satu alat berat yang tengah mendatarkan tebing jalan dalam pengerjaan alih trase jalan lintas Sumatera titik Purba Lamo, Mandailing Natal, Sumut, Jum’at (29/10/2021). Foto: Mandailing Online/Ojie

LEMBAH SORIK MARAPI (Mandailing Online) – Pemerintah terpaksa mengalihkan trase jalan lintas Sumatera di titik Desa Purba Lamo Kecamatan Lembah Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara.

Alih trase ini satu-satunya solusi karena badan jalan telah beberapa kali amblas dan longsor.

Longsor itu selalu menimbulkan masalah transportasi karena ruas jalan ini merupakan jalan utama jalur tengah lintas Sumatera Utara.

Badan jalan di kilometer 146 (1+600) yang amblas dan longsor tersebut meliputi hampir seluruh lebar badan jalan dengan panjang longsoran lebih kurang 50 meter.

Penanganan yang dilakukan selama ini belum menghasilkan solusi yang baik, karena longsor dan amblas masih juga terjadi.

Jalur lintas Sumatera dari titik Desa Purba Lamo hingga Desa Aek Marian merupakan titik rawan longsor memiliki banyak jurang diperparah oleh banyaknya tikungan-tikungan tajam.

Pantauan Mandailing Online Jum’at (29/10 /2021) pekerja tengah melakukan pekerjaan alihtrase jalan sepanjang 130 meter saat ini sedang berlangsung.

Satu unit excavator sedang melakukan pengerukan tanah dari lereng sebelah kanan badan jalan dan tanah dipindahkan ke sisi kiri bagian sisi jurang.

Informasi yang diperoleh dari pekerja, kegiatan alihtrase jalan ini merupakan paket longsoran Sidempuan-Jembatan Merah- Ranjobatu dari Kementerian PUPR tahun anggaran 2021. 

Pekerja mengungkapkan, setelah pendataran badan jalan yang baru selesai, maka akan dilanjutkan ke tahap pengerasan, sehingga dapat dilakukan pengaspalan kembali. Pola ini akan mempercepat perampungan sehingga arus lalulintas dapat nyaman secepatnya.

Sulhan Lubis seorang  pengemudi bus Antar Kota Antar Provinsi mengatakan jalur ini memang salah satu jalur extrim pada jalur lintasan Sumatera, dimana di titik itu pengemudi dituntut harus ekstra hati -hati.

“Kita pengemudi berharap agar tidak pada titik itu saja jalan yang diperbaiki, juga pada titik jalan lainnya,” ucapnya.

Meski di lokasi tersebut sedang dilakukan pekerjaan alihtrase jalan namun arus lalulintas tidak terganggu, dan cenderung lancar.

Peliput: Ismail Ojie

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: