Home / Seputar Madina / Sobir Lubis Pimpin Komisi I DPRD Madina

Sobir Lubis Pimpin Komisi I DPRD Madina

Sobir Lubis

 

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Sobir Lubis terpilih menjadi Ketua Komisi I DPRD Mandailing Natal (Madina).

Politisi Partai Golkar ini terpilih pada Rapat Paripurna Pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD Madina, Selasa (5/11/2019).

Komisi I DPRD Madina membidangi Pemerintahan, yang memiliki banyak sektor yang harus ditangani komisi ini, baik dari sisi legislasi, pengawasan maupun budgeting.

Sektor-sektor dan berikut instansi yang menjadi mitra kerja Komisi I meliputi :

Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Pertanahan, Pariwisata, Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, Inspektorat.

Badan Kepegawaian Daerah, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Polisi Pamong Praja,

Bagian Hukum, Bagian Humas dan Protokol, Bagian Pemerintahan dan Otonomi, Bagian Organisasi, Bagian Tata Usaha Pimpinan, Pemerintah Kecamatan.

Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan, KPU, Bawaslu, Badan Pertanahan Nasional, Badan Pusat Statistik, Lembaga Pemasyarakatan.

Menjawab Mandailing Online via Whatsaap, Rabu (6/11/2019) Sobir Lubis menyatakan bahwa Komisi I DPRD Madina memiliki perhatian yang kuat terhadap APBD 2020. Sebab tahun 2020 menjadi strategis, bukan karena tahun politik, tetapi karena merupakan APBD terakhir yang secara utuh direncanakan dan dilaksanakan oleh pemerintahan daerah priode sekarang.

“Oleh karena itu Komisi I memandang penting untuk memastikan berjalannya program pembentukan dan penciptaan SDM unggul sebagaimana pemerintah pusat juga memprioritaskan ini sebagai perioritas pembangunannya,” kata Sobir.

Disisi lain Komisi I juga mendorong pengembangan program pariwisata karena didalamnya banyak multiflier effect yang ditimbulkan dalam rangka menggerakkan ekonomi lokal.

Pembentukan dan penciptaan SDM unggul di kemitraan Komisi I menempatkan Dinas Pendidikan sebagai leading sector yang salah satu kegiatan yang perlu untuk didorong adalah konsep sekolah unggulan atau rujukan, baik di tingkat SD maupun SMP.

Sedangkan untuk pariwisata dengan leading sector-nya Dinas Pariwisata adalah dengan kegiatan membuka destinasi wisata baru dan pengembangan destinasi wisata yang sudah ada secara maksimal.

 

Peliput : Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: