Home / Berita Nasional / Sumut Tolak Umumkan Hasil PNS

Sumut Tolak Umumkan Hasil PNS

JAKARTA – Sebagian besar daerah menolak untuk mengumumkan hasil tes kompetensi dasar (TKD) seleksi CPNS tahun 2013 dari pelamar umum untuk provinsi dan kabupaten/kota.
Kepala BKD Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Pandapotan Siregar yang kemarin datang ke Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) guna menerima master data hasil seleksi CPNS untuk pemprov dan pemkab/pemko se-Sumut, juga punya sikap sama.

”Kami menolak untuk mengumumkan hasilnya. Kami tidak ingin menanggung risiko didemo masyarakat,” kata Kepala BKD Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Pandapotan Siregar saat penyerahan soft copy data hasil TKD di KemenPAN-RB, Jakarta, Kamis (19/12).

Sikap yang sama ditunjukkan Kepala BKD Provinsi Riau Surya Maulana. Dia katakan, soft copy berisi data peserta tes CPNS yang lolos TKD tersebut akan menjadi bola panas bagi daerah. Apalagi di Provinsi Riau, ada beberapa bupati yang menolak mengumumkan hasil TKD. ”Yang bikin aturan kan Panselnas. Jadi Panselnas yang harusnya mengumumkan ke publik, jangan kami. Kami tidak mau didemo masyarakat,” tegasnya.

Lain halnya dengan Kepala BKD Bangka Belitung Sophian Abdul. Provinsi ini memilih membawa pulang soft copynya. ”Daripada kami nanti ditanya-tanya kenapa pengumuman diulur-ulur, lebih baik saya bawa pulang saja. Dengan catatan KemenPAN-RB, BKN, dan Panselnas segera mengumumkan siapa saja yang lulus. Biar daerah tinggal menempel hasilnya di Kantor BKD,” katanya.

Robertus Isdius, Kepala BKD Kalbar, mendesak pusat mengumumkan paling lambat 23 Desember 2013 dan diumumkan lewat website resmi KemenPAN-RB dan BKN. “Kami berharap pengumumannya sebelum 24 Desember. Paling lambat 23 Desember, biar kantor kami tidak dibakar massa,” ujarnya.

Sementara Asisten Deputi SDM Aparatur Arizal mengatakan, bagi daerah yang menolak mengumumkan dan mengembalikan soft copy diminta membuat surat pernyataan sebagai bukti resmi agar bisa diketahui publik.

Dia juga mengatakan, pusat bisa saja mengumumkan hasil TKD. Namun untuk penetapan kelulusan harus tetap pejabat pembina kepegawaian (PPK). ”KemenPAN-RB tidak bisa menetapkan kelulusan. Yang berhak adalah PPK dengan mengacu pada hasil TKD yang sudah kita serahkan ke masing-masing daerah,” ucapnya.

Dia menambahkan, hasil TKD sudah dicantumkan nilai masing-masing pelamar. Mulai dari tes wawasan kebangsaan, tes intelegensia umum, dan tes karakteristik pribadi. Dari hasil itu baru PPK masing-masing daerah bisa menetapkan kelulusan. (jpnn)

Comments

Komentar Anda

13 comments

  1. Lucu…
    Kenapa di demo
    Masyarakat akn hanya menanti pengumuman
    Yg penting jelas n pasti

  2. guntoro prasetia ritonga

    jadi pasti nya kpan keluar pengumuman nya

  3. Please jangan lebai gt, yg penting tidak ada unsur KKN tuh KPK lg kerja…

  4. Nampak kali “permainannya”, siapa yang menolak mengumumkan, ada indikasi “permainan” disitu, tapi yang jelas “siapa yang main api” lambat laun akan kebakaran juga.

  5. jadi kt gk tau siapa siapa yng mnang
    donks

  6. reskikurniawan

    kapan akan di camtumkan,,????

    buat resah warga jdi nya…

  7. hati hati bos

    Liputan6.com, Jakarta : Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2013 memberi harapan baru bagi reformasi birokrasi di Indonesia. Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Mahendra Siregar mempunyai harapan besar kepada abdi-abdi negara yang baru terpilih itu dalam mendorong investasi di Tanah Air.

    Dia mengakui PNS ataupun birokrasi pemerintah baik di pusat maupun daerah sejak dulu dianggap tak bisa menciptakan suasana dan pelayanan kondusif bagi masyarakat.

    “Tapi kami di bidang investasi justru menjadikan itu sebagai tolak ukur unruk menggenjot reformasi birokrasi dalam bentuk Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) sehingga pelayanan investasi dapat menjadi andalan,” kata Mahendra di rumah dinasnya, Jakarta, Rabu (25/12/2013).

    Lebih jauh dia mengatakan, PNS senior dan yang baru masuk akan menjadi kebanggaan apabila pelayan publik ini mampu menciptakan kantor-kantor birokrasi sebagai pemacu untuk mencetak investasi.

    “Ini saatnya kalau PNS dituduh memperlambat birokrasi yang biasanya respon cuma diam dan galau, kini tunjukkan bahwa kita bisa meningkatkan pelayanan publik semakin baik bagi siapapun, termasuk investor,” tandasnya.

    Mahendra menilai, dari beberapa kunjungan ke kota-kota yang memperoleh PTSP, terlihat semangat kerja luar biasa dari para pegawai negeri.

    “Semoga semangat tersebut bisa ditularkan ke lingkungannya walapun tidak bisa dalam waktu cepat. Tapi saya yakin kita mampu, tidak ada alasan untuk itu,” tukas dia.

    Seperti diketahui, pemerintah baru saja mengumumkan CPNS 2013 dengan jumlah mencapai ribuan orang dari seluruh Indonesia. Ribuan PNS tersebut terpilih dari jutaan pelamar yang masuk sejak beberapa bulan pendaftaran CPNS dibuka. Ini menandakan bahwa antusiasme masyarakat Indonesia untuk menjadi pelayan publik sangat besar.

  8. hari hari omong kosong

    pusat dan daerah sama saja..bagaimana mgkn bawahan tidak takut pada atasan huahahahhhahhahh

  9. bejo bejat cabul

    kalau bapak..takut ya sudah umumkan yg benar. tim icw jg menduga kalau hasil kelulusan cpns 2013 di ambil alih sepenuhnya oleh panselnas. sekarang loe sendiri yg bingung kan mau loe kemanakan lg tuh duit yg udah loe terima 😀

  10. Trus yg diMandailing Natal kpn diumumkan nama2 peserta yg lulus cpns 2013 diportal online nya, apa tahap selanjutnya bagi peserta yg dinyatakan lulus cpns 2013 untuk daerah Mandailing Natal.

  11. Jangan2 terlambatnya kab. Madina mengumumkan hasil test cpns dikarenakan mengacak-acak nama yg sudah lulus untuk digantikan dgn nama2 org lain yg sudah membeli tiket.

  12. andika wahyudi

    SUMUT=Semua Urusan Main Uang Tunai…itu sangat cocok kali ya SLOGAN nya.sejak dari tgl 19 pusat sudah memberikan hardcopy ke daerah tp kenapa sampai sekarang masih belum bisa dipublikasikan hasilnya. Ingat kapan lagi indonesia ini bisa maju kalau semua dihuni oleh org2 bobrok yg semua dinilai dg uang bukan hasil dari inteligensi

  13. Rokan hilir tidak mau mengumumkan dgn alasan putra daerah cuma dikit yg lolos passing grade, rohil ini wilayah indonesia bukan sih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: