Home / Seputar Madina / Tingkatkan Mutu Perawat, PPNI Madina Gelar Ukomnas Retaker

Tingkatkan Mutu Perawat, PPNI Madina Gelar Ukomnas Retaker

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Dalam rangka meningkatkan keahlian, keterampilan, jaminan keselamatan pasien, keselamatan tenaga kesehatan, dan peningkatan mutu pelayanan perawat, Persatuan, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) menggelar Uji Kompetensi Nasional (Ukomnas) Khusus Perawat.

Demikian disampaikan Ketua PPNI Madina, H. Ilman, A.MK saat meninjau pelaksanaan ujian tersebut di laboratorium komputer SMA N 3 Panyabungan, Sabtu (8/01).

Ukomnas ini terlaksana atas kerja sama PPNI dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama Asosiasi Institusi Pendidik dan Perguruan Tinggi Keperawatan Indonesia.

“Ini adalah bukti nyata dan tanggung jawab PPNI khususnya di Madina dalam rangka penajaman tugas dan fungsi sekaligus pengembangan dan peningkatan kompetensi profesi perawat,” sebutnya didampingi Pengawas Lapangan, Ns. Donna Agustina Nasution, S.Kep dan Ns. Afrizal Hasan, S.Kep.

Sementara itu, Koordinator Computer Based Test (CBT) Hj. Massanofa Nasution, S.Kep menambahkan, ini merupakan kali kedua PPNI Madina dipercaya untuk melaksanakan Ukomnas. Pelaksanaan pertama digelar bulan April 2021.

“Periode kedua untuk kelompok vokasi (D III) pada tanggal 12 Desember yang lalu sejumlah 5 orang dan untuk hari ini diperuntukkan bagi kelompok profesi dengan jumlah 35 orang,” jelasnya.

Massanofa menambahkan, baik vokasi maupun profesi dilaksanakan secara online melalui aplikasi Computer Based Test (CBT).

“Setiap peserta akan dinilai kemampuan dan kompetensinya dengan menjawab soal yang telah disusun bersama oleh organisasi profesi, Asosiasi Institusi Pendidikan dan Himpunan Perguruan Tinggi Kesehatan,” imbuhnya.

Pelaksanaan ujian ini, sebut Massanofa, dikerjakan secara serentak dan bersamaan waktunya dari masing-masing tempat peserta sesuai jadwal yang telah ditetapkan pusat.

“Computer Based Test (CBT) atau Tes Berbasis Komputer adalah tes dengan sistem penggunaan komputer sebagai media. Sedangkan penyajian dan pemilihan soal CBT dilakukan secara komputerisasi sehingga setiap peserta yang mengerjakan tes mendapatkan paket soal yang berbeda-beda,” tutupnya.

 

Peliput: Roy Adam

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: