Home / Berita Nasional / Utang Indonesia bertambah lagi

Utang Indonesia bertambah lagi

JAKARTA – Indonesia terus menumpuk utang. Di awal 2014, utang luar negeri bertambah senilai US$5,214 miliar atau setara Rp58,824 triliun.

Hal itu termuat dalam statistik utang luar negeri Indonesia yang dipublikasikan Bank Indonesia, hari ini. Dengan penambahan utang tersebut, total pinjaman dana asing mencapai US$269,274 miliar.

Total utang itu tumbuh 7,1% dibandingkan posisi Januari 2013. Laju penarikan ini lebih tinggi dibanding dengan pertumbuhan Desember 2013 4,6% (year on year/yoy).

Utang luar negeri pemerintah bertambah US$4,583 miliar menjadi US$118,877 miliar. Utang swasta hanya bertambah US$840 juta menjadi US$141,4 miliar.

Namun secara tahunan, posisi utang luar negeri swasta tumbuh 12,2% yoy dan sektor publik tumbuh sebesar 1,9% yoy. Kepala Ekonom Bank Danamon Anton Gunawan menilai peningkatan penarikan dana asing itu disebabkan murahnya bunga.

Yang menjadi alasan ialah tingkat suku bunga di luar negeri lebih rendah di bandingkan dengan domestik. Tingkat bunga acuan di dalam negeri sebesar 7,5%.

“Ongkos penarikan pinjaman dari luar negeri saat ini murah. Ini mendorong penaikan pertumbuhan pinjaman,” ujar Anton di Jakarta, hari ini.(metrotv.news)

Comments

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: