Home / Artikel / Yang Muda Bisa Juga Jadi Raksasa

Yang Muda Bisa Juga Jadi Raksasa

Oleh : Atika Azmi Utammi Nasution, B.AppFin, MFin

Masayoshi Son adalah pendiri SoftBank saat masih berusia 24 tahun. Kini, SoftBank menginjak usia 39 tahun dengan jumlah karyawan sekitar 38.000 di seluruh dunia dikutip dari website resmi SoftBank.

Pria lulusan UC Berkeley California ini berhasil mengembangkan SoftBank menjadi perusahaan terbesar kedua di Jepang setelah Toyota dan ke 36 Dunia sebagai perusahaan terbuka yang terdaftar di Bursa Efek (Limited Company). Son sendiri merupakan orang terkaya ke 43 dunia tahun 2019 menurut daftar Forbes.

SoftBank adalah perusahaan raksasa yang bergerak di bidang investment, jadi SoftBank adalah bank investasi bukan bank komersil. Dalam dunia Finance, investasi pada perusahaan start-up biasanya dilakukan oleh Venture Capital (VC).

SoftBank mendirikan Vision Fund Investment sebagai perusahaan Venture Capital mereka yang menyuntikkan dana ke berbagai perusahaan di seluruh dunia. Nilai investasi SoftBank pada Vision Fund Investment adalah U$ 100 Billion atau sekitar Rp. 1420 Triliun. Jika dibandingkan dengan APBN pendapatan Indonesia, investasi ini sekitar 65% dari APBN 2019. Nilai yang spektakuler untuk sebuah perusahaan. Raksasa bukan? Nilai APBN Indonesia sendiri adalah terbesar ke 16 dunia dan terbesar di Asia Tenggara.

Di Indonesia, Vision Fund Investment (anak usaha SoftBank) berinvestasi di Grab, OYO, Alodokter, Shopback, CoHive, Tokopedia dan Klook. Ini baru pasar Indonesia. Pasar dunia yang dikuasai seperti wework, Arm, Uber, Sprint, Vodafone, Yahoo! Japan, Alibaba, dan masih banyak lagi.

Masayoshi Son dan SoftBank

Salah satu quote Masayoshi Son yang melekat pada banyak ingatan adalah ‘dalam tennis, kamu akan memukul keras bola yang jatuh hasil operan lawan, lakukan juga yang seperti itu dalam investasi’

Dalam menyelaraskan masa depan perusahaan terkait efek Covid-19, SoftBank mulai investasi di bidang delievery makanan, belajar virtual dan bidang kesehatan. Ini adalah kesempatan untuk anak bangsa mendirikan start-up jika ingin dilirik salah Venture Capitalist terbesar dunia.

Jadi, usia bukanlah batasan untuk kita berkarir. Usia bukanlah batasan untuk kita bermimpi tinggi, siapapun berhak sukses tanpa batasan apapun selama masih dalam koridor hukum dan agama. Jadilah Raksasa.***

(Atika Azmi Utammi Nasution, B.AppFin, MFin tinggal di Kotanopan, Mandailing Natal, Sumut / calon wakil bupati Mandailing Natal)

Referensi :

https://www.softbank.jp/en/corp/aboutus/

https://www.businessinsider.com/running-list-softbank-investments-2017-7?r=US&IR=T#berkshire-grey-263-million-64

https://www.kemenkeu.go.id/apbn2019

Klik untuk mengakses GDP.pdf

Comments

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: