Home / Seputar Madina / Bupati Buka Festival Nasyid dan Qasidah

Bupati Buka Festival Nasyid dan Qasidah

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Bupati Mandailing Natal (Madina) HM Jafar Sukhairi Nasution membuka Festival Nasyid dan Qasidah ke-19 di Gedung Serbaguna, Desa Parbangunan, Panyabungan, Selasa (13/9/2022). Festival digelar selama 2 hari dari tanggal 13-14 September 2022.
Sebanyak 305 peserta mengikuti festival nasyid dan qasidah tingkat Kabupaten Madina terdiri dari cabang rebana klasik 9 group Putra dan 10 group Putri, serta 62 orang peserta bintang vokalis qasidah gambus dan pop religi tingkat anak-anak dan remaja.
Kepala Tata Usaha Kementerian Agama Madina H. Armen Hasibuan menyampaikan kemenag mengapresiasi kegiatan ini. Setiap tahun Kemenag Madina selalu berada didepan dan mendukung pelaksanaan acara festival nasyid dan qasidah.
Sementara Bupati Madina HM Jafar Sukhairi Nasution dalam pidato tertulisnya mengatakan festival seni nasyid dan qasidah tingkat kabupaten Madina dalam rangka peningkatan syiar dan kesadaran umat beragama. Melalui kegiatan ini, Sukhairi berharap mampu menyediakan wadah positif bagi anak-anak serta seluruh masyarakat Kabupaten Madina dalam meningkatkan persatuan menuju kebaikan serta dapat membentengi diri dan dan memfilter segala informasi yang saat ini mudah diakses.
“Dengan festival nasyid ini, kita jadikan sebagai wadah peningkatan kecintaan generasi muda terhadap budaya Islam sebagai upaya penangkal masuknya budaya-budaya yang tidak sesuai dengan norma dan adat istiadat di Kabupaten Madina,” kata Sukhairi.
Sukhairi juga mengatakan perlu menyelamatkan generasi muda dari perilaku yang tidak sesuai dengan ajaran islam.
Pemkab Madina, kata Sukhairi jelas mengembangkan kebijakan untuk membantu generasi muda tetap berada dalam jalur yang benar. Dia mencontohkan salat subuh berjemaah.
“Saya harap bukan seolah-olah tanggung jawab semata dan semoga seluruh jajaran mengikutinya,” lanjutnya.
Dengan momentum festival seni nasyid dan qasidah, Sukhairi berharap dapat membangkitkan rasa cinta kepada agama dan bangsa.
“Tentu dalam kesempatan ini, sekali lagi saya tidak akan bosan menyampaikan kepada bapak-ibu kalau bukan untuk memperbaiki generasi muda dari segi agama ini akan sulit sekali,” tutupnya.
Peliput: Roy Adam

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.