Home / Seputar Madina / Dinas Pariwisata Promosi Lewat Film Pendek

Dinas Pariwisata Promosi Lewat Film Pendek

Pemutaran Perdana Film CDSB/Roy Adam.

Panyabungan (Mandailing Online) – Dinas Pariwisata Mandailing Natal (Madina) terus memunculkan inovasi baru dalam mempromosikan wisata yang ada di Bumi Gordang Sambilan. Salah satunya berupa film pendek.

Film yang diberi judul “Cinta dalam Sepotong Bambu” diperankan oleh muda-mudi Madina. Sebagian dari pelakon merupakan peserta Putra Putri Wisata Madina Tahun 2021.

Pemutaran perdana film ini merupakan bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun ke-23 Kabupaten Mandailing Natal yang mengusung tema “Mengabdi Bersama Mewujudkan Mandailing Natal Mandiri dan Kompetitif.

Pemutaran perdana film yang mengambil lokasi syuting di beberapa tempat wisata di Madina ini dilakukan di laboratorium seni SMA Negeri 2 Plus Panyabungan, komplek STAIM, Desa Pidoli Dolok, Senin (7/3).

Penulis Skenario Askolani Nasution mengatakan, film ini tidak saja menampilkan lokasi wisata, tapi juga budaya masyarakat Mandailing.

“Di masa lalu gadis-gadis di Mandailing menulis diary di bambu. Jadi, di film ini itu kembali kita hadirkan tentu dengan sentuhan yang lebih modern,” katanya.

Askolani menambahkan, langkah yang diambil Dinas Pariwisata patut diapresiasi karena tidak hanya mempromosikan wisata, tapi juga mengenalkan budaya Madina.

“Film itu mampu mengubah persepsi masyarakat,” jelasnya.

Para Pemeran Film CDSB/Roy Adam.

Sementara itu Bupati Mandailing Natal H. M. Ja’far Sukhairi Nasution dalam pidatonya yang dibacakan Kabid Promosi Wisata Efrida Yanti menyampaikan, salah satu cara yang dijalankan pemerintah untuk mengembalikan giat wisata di tengah pandemi adalah storynomic tourism.

“Pendekatan pariwisata yang mengedepankan narasi, konten kreatif, living culture, dan menggunakan kekuatan budaya sebagai DNA destinasi,” katanya.

Bupati berharap film ini dapat diterima dan ditonton masyarakat, baik warga Kabupaten Mandailing Natal maupun kabupaten lainnya.

“Sehingga pesan yang ada dalam film ini dapat tersampaikan sehingga dapat menjadikan kabupaten Mandailing Natal sebagai salah satu tempat untuk dikunjungi,” harap Sukhairi.

Bupati juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Dinas Pariwisata yang telah membuat satu karya berupa film pendek untuk promosi wisata Madina.

Pemutaran perdana film CDSB ini juga menampilkan anak-anak Sanggar Tano Sere SMAN 2 Plus Panyabungan dengan sajian Gordang Sambilan, tari Tor-tor, dan tari kontemporer.

Rencananya hari ini film tersebut akan diunggah di akun YouTube Dinas Pariwisata Mandailing Natal dan nantinya akan bisa dinikmati oleh masyarakat.

Peliput: Roy Adam

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: