Home / Berita Nasional / Gunung Marapi kembali semburkan abu vulkanik

Gunung Marapi kembali semburkan abu vulkanik

Bukittinggi, – Gunung Marapi di Kabupaten Tanahdatar dan Kabupaten Agam, Sumatera Barat, kembali terlihat menyemburkan abu vulkanik pada Senin pagi sekitar pukul 08.33 WIB.

Berdasarkan pengamatan di Kota Bukittinggi, semburan kedua abu vulkanik tersebut terlihat sedikit lebih tebal dari semburan pertama pada pukul 07.30 WIB.

Semburan abu vulkanik tersebut sangat jelas terlihat dari kejauhan di Kota Bukittinggi. Gumpalan abu vulkanik yang keluar dari kawah gunung berlangsung selama 10 menit.

Abu vulkanik itu diperkirakan jatuh di lereng gunung. Setelah menghilang, gunung setinggi 2.891 meter dari permukaan laut (mdpl) tidak lagi terlihat mengeluarkan abu vulkanik.

Seorang warga Kota Bukittinggi, Anggi mengakui, melihat sangat jelas semburan abu vulkanik dari kejauhan di Bukittinggi.

“Semburan abu vulkanik terlihat sangat jelas. Gumpalan abu berwarna kehitaman itu berlangsung cukup lama,” kata dia.

Nora, warga Bukit Batabuh, Kabupaten Agam, menyebutkan, semburan abu vulkanik dari gunung itu pada Selasa (13/8) pagi juga terlihat.

“Selasa (13/8), gunung tersebut juga mengeluarkan abu vulkanik,” katanya menyebutkan semburan abu vulkanik Selasa itu berlangsung lama.

Ia menyebutkan, sering melihat gunung mengeluarkan abu vulkanik sehingga sudah menjadi pemandangan biasa.

“Sejak terjadinya peningkatan aktivitas gunung pada 3 Agustus 2011, hampir setiap hari saya melihat gunung menyemburkan abu vulkanik,” kata dia.(antara)

Comments

Komentar Anda

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: