Home / Berita Nasional / JK Masuk Daftar Dermawan di Asia Pasifik

JK Masuk Daftar Dermawan di Asia Pasifik

JAKARTA – Majalah bisnis terkemuka, Forbes, kembali melansir daftar 48 orang paling dermawan di Asia Pasifik. Dari Indonesia muncul empat nama pengusaha dermawan, salah satunya adalah Jusuf Kalla yang juga adalah Ketua Forum CAPDI Asia Tenggara.

Forbes mengambil 12 negara besar di Asia Pasifik dan setiap negara muncul empat nama. Dari Indonesia diwakili oleh empat nama, yaitu Anne Avantie (49) desainer, Irwan Hidayat (66) pemilik Sido Muncul group, Jusuf Kalla (Ketua Umum PMI), dan Tahir (61) pemilik Mayapada Group.

Dari empat nama tersebut, dipilih satu nama untuk mewakili negaranya, dan terpilih Jusuf Kalla. Berikut daftar orang-orang paling bermurah hati di Asia Pasifik seperti dikutip dari Forbes, Kamis 30 Mei 2013:

“Mantan wakil presiden Indonesia dan ketua Palang Merah Indonesia dinilai aktif meningkatkan cadangan kantong darah di Indonesia untuk pasien rumah sakit dan korban bencana alam,” terang Husain Abdullah, Media Centre JK, Kamis 30 Mei.

Husain menambahkan melalui Kalla Foundation, JK menyumbang USD1,3 juta tahun lalu untuk menggratiskan biaya sekolah bagi anak-anak miskin di wilayah Bone. Ia juga memerintahkan 20 persen keuntungan perusahaan listriknya untuk disumbangkan melalui yayasan.

Husain juga menuturkan, tak mengetahui persis seperti apa penilai Majalah Forbes sehingga menempatkan JK dalam daftar 12 besar. Namun ia memastikan, majalah yang terbit di beberapa kawasan benua itu memiliki riset mendalam sebelum menerbitkan daftar nama. “Forbes juga rutin menerbitkan daftar orang-orang kaya di dunia dan itu menjadi acuan bagi pasar modal dunia dan pelaku pasar,” bebernya.

Dalam daftar yang dilansir ke beberapa media online, JK disejajarkan bersama Graham Tuckwell (Australia), Founder ETF Securities. Pendiri ETF Securities ini mendonasikan US$50 juta untuk Canberra”s Australian National University pada Februari silam. Ini merupakan sumbangan terbesar orang Australia untuk universitas. Sumbangan ini untuk mendanai beasiswa program sarjana untuk meningkatkan kualitas hidup warga Australia.

Dalam daftar juga ada miliuner China Zhang Xin pendiri, Co-Founder dan CEO Soho China. Zhang Xin membentuk Soho China Foundation bersama suaminya yang juga pengembang-arsitek, Pan Shiyi, pada 2006. Yayasannya fokus untuk menangani masyarakat miskin di China bagian barat dengan membangun toilet bersih, beasiswa kuliah untuk perempuan, dan pendidikan anak usia dini. Zhang telah membantu 61 ribu siswa sejak 2008. (jpnn)

Comments

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: