Home / Artikel / Menang di Hari Kemenangan

Menang di Hari Kemenangan

Oleh : Ummu Taqiyya

 

Sebulan penuh Allah beri kesempatan bagi ummat muslim untuk sayembara memperoleh limpahan berkah, rahmat dan ampunan di bulan suci Ramadhan.

Di penghujung ramadhan mencapai garis finish kemenangan, semakin banyak rintangan, godaan dari hawa nafsu untuk lengah, hampir menyerah dan kembali berleha-leha dalam ibadah. Tak mudah untuk menang melawan hawa nafsu yang melenakan. Maka mereka yang menang, akan mendapatkan giveaway dari Allah.

Tak tanggung, giveaway lailatul qadr telah Allah janjikan bagi mereka yang berusaha dengan semaksimal mungkin melaksanakan segala perintah dan menjauhi segala laranganNya.

Telah ada sebuah clue (petunjuk) agar bisa memenangkan giveaway tersebut. Dalam Kitab Shahih Al-Bukhari dijelaskan, dari Aisyah RA berkata, “Rasulullah ber’itikaf pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, dan beliau bersabda, ‘Carilah malam qadar pada malam ganjil dari sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan.”

Sebagaimana di dalam hadis dikatakan: “Apabila Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memasuki sepuluh hari terakhir (bulan Ramadhan), beliau mengencangkan sarungnya (untuk menjauhi para istri beliau dari berjima’), menghidupkan malam-malam tersebut dan membangunkan keluarganya.” (HR. Bukhari no. 2024 dan Muslim no. 1174).

Hanya mereka yang istiqomah untuk taat sampai akhir, selalu menebar kebaikan, menyiram hati dengan taubatan nasuha atas segala dosa, tak pernah jenuh meminta ampunanNya, maka mereka layak memenangkan giveaway dari Allah dengan mendapatkan suatu malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Lebih baik dari mereka beribadah selama 80 tahunan lebih.

Karena belum tentu umur kita sampai ketitik itu, dan ibadah kita selama ini juga akan diterima oleh Allah. Maka betapa beruntungnya mereka yang mendapatkan malam lailatul qadr tersebut. Merekalah yang akan menang di hari kemenangan.

Allah SWT berfirman:

إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ “Sesungguhnya Kami menurunkan Al-Qur’an pada malam Lailatul Qadar, tahukah engkau apakah malam Lailatul Qadar itu ? Malam Lailatul Qadar itu lebih baik dari seribu bulan, pada malam itu turunlah melaikat-malaikat dan Jibril dengan izin Allah Tuhan mereka (untuk membawa) segala usrusan, selamatlah malam itu hingga terbit fajar” [Al-Qadar/97 : 1-5]

Semoga kita termasuk orang-orang yang akan menang di hari kemenangan, sehingga hati kita selalu tenang dan semakin istiqomah dalam menjalankan perintah dan menjauhi laranganNya.

Dan semoga Allah juga memberikan kemenangan kepada ummat muslim seluruhnya untuk bangkit, bersatu kembali dalam naungan Khilafah Islamiyyah, yang menjalankan aturan islam secara kaffah, dam menang dalam menumpaskan kedzaliman yang menimpah ummat muslim.***

Ummu Taqiyya tinggal di Tarutung, Sumatera Utara

Comments

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: