Home / Seputar Madina / Pemkab Berikan Bantuan Bibit untuk Dua Poktan di Manyabar

Pemkab Berikan Bantuan Bibit untuk Dua Poktan di Manyabar

MANYABAR (Mandailing Online) – Dua kelompok Tani Desa Manyabar Jae, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) mendapatkan bantuan bibit cabai, padi, jagung mulsa dan juga pupuk, dari Dinas Pertanian, Kamis (1/12/2022).
Bantuan ini langsung diserahkan oleh Bupati HM Jafar Sukhairi didampingi Ketua DPRD Madina Erwin Efendi Lubis, dan Kadis Pertanian Siar Nasution. Bupati Madina HM Jafar Sukhairi menjelaskan, hal ini sebagai langkah antisipasi ketahanan pangan, dan salah satu bagian menekan laju inflasi daerah.
Bupati juga menjelaskan untuk surpulus ketahanan pangan saat ini ada padi, ternak dan juga ikan. “Yang jadi kendala sebenarnya ada di bidang cabai rawit,” sebut Sukhairi.
Bupati berharap bantuan bibit yang diberikan saat memasuki masa panen nantinya dapat menjawab keluhan masyarakat Madina, dan daya beli bisa lebih terjangkau.
Sementara itu Kadis Pertanian Madina Siar Nasution mengatakan setiap tahun kelompok tani yang ada di Desa Manyabar Jae selalu mendapatkan bantuan berupa alat penunjang pertanian dan juga bibit. “Kelompok tani yang ada disini selama ini apa yang kita berikan mereka selalu manfaatkan dengan baik,” katanya.
Siar juga menjelaskan kelompok tani di Manyabar sudah dua kali mengukuti studi banding di pulau Jawa. “Sudah dua kali dipanggil studi banding ke Jawa untuk tanaman cabai dan juga bawang merah,” ujar Siar.
Peliput: Roy Adam

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.