Home / Budaya / Raja-raja Tabalkan Gelar Patuan kepada Ivan Batubara

Raja-raja Tabalkan Gelar Patuan kepada Ivan Batubara

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Sekitar 182 raja-raja Mandailing menobatkan gelar kerajaan kepada Ivan Iskandar Batubara, Kamis (7/7/2022) dalam satu kerapatan adat.

Berlangsung di Sopo Godang Hutasiantar, Panyabungan, Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Kerapatan adat dipimpin Patuan Mandailing dari Mandailing Godang didampingi Mangaraja Iro Parlagutan dari Mandailing Julu.

Kerapatan adat adalah sejenis sidang paripurna parlemen.

Gelar raja yang ditabalkan kepada Ivan adalah Patuan Parimpunan Gomgom Mandailing.

Gelar Patuan tidak diberikan kepada figur sembarang. Itu gelar tingkat tinggi. Harus seseorang yang memiliki kontribusi besar pada suatu kawasan, baik kontribusi pemikiran maupun pengaruh positif besar lainnya.

Sedangkan istrinya ditabalkan gelar Namora Junjungan Nauli.

Pengertian Patuan mengarah pada Yang Dipertuan. Parimpunan berarti perhimpunan/penghimpun. Gomgom secara harfiah mengarah pada menggenggan atau merangkul.

Pengertian Namora untuk perempuan mengarah pada seorang perempuan yang dihormati. Jungjungan mengarah pada pengertian ditinggikan. Nauli secara harfiah adalah cantik. Sehingga pengertian Namora Junjungan Nauli adalah perempuan terhormat yang memiliki kecantikan di atas rata-rata.

Raja-raja Panusunan hingga Raja-raja pamusuk hadir di Kerapatan Adat itu, mulai dari kawasan Simarongit hingga Ranjo Batu, Pantai Barat sampai perbatasan Riau.

Selain para raja, sejumlah ketua Kadin (Kamar Dagang dan Industri) di Sumatera Utara juga hadir menyaksikan Kerapatan Adat ini.

Acara penabalan berlangsung sekitar 4 jam memenuhi banyak tahap prosesi adat, termasuk mangupa hingga Tortor Raja-raja dan penembakan meriam beberapa kali.

Peliput: Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: