Home / Serba Serbi / Madam Pang, Dibalik Kekuatan Timnas Thailand

Madam Pang, Dibalik Kekuatan Timnas Thailand

Nag Nualphan Lamsan

Tim bola Indonesia keok dipermalukan dalam laga dengan tim Thailand, kemarin.

Lantas, dimana letak ketangguhan tim sepak bola Thailand? Salah satunya ditengarai adalah ketangguhan sang manajer.

Nama si manajer adalah Nag Nualphan Lamsan, perempuan kaya raya yang kerap disebut Madam Pang.

Ia dikenal sangat royal ke pemain-pemainnya.

Saat skuat Thailand maju ke final AFF, ia memberi pemain barang-barang mewah, dari Iphone 13, jam Rolex, hingga tas mewah merek Hermes dan Christian Dior.

Ia juga menjanjikan bonus hingga 20 juta baht (atau sekitar Rp 8,4 miliar) ke para pemain jika berhasil memenangkan piala AFF 2020, dua kali lipat lebih besar dari hadiah kejuaraan sebesar US$ 300 ribu (sekitar Rp 4,2 miliar).

Lalu siapakah dia sebenarnya?

Pang adalah keturunan kelima dari keluarga Lamsan. Keluarga ini merupakan konglomerasi kaya di Thailand yang mendirikan Kasikorn Bank atau KBank.

KBank adalah salah satu pemberi pinjaman terbesar di Thailand. Bank tersebut memiliki aset US$ 98 miliar.

Keluarga Lamsan sendiri berada di deretan 31 orang terkaya di Thailand dengan total kekayaan gabungan US$ 860 juta. Mengutip South China Morning Post (SCMP) dalam laporannya di 2020, keluarga ini memimpin dan memiliki sejumlah bisnis prestise di Thailand.

Pang sendiri lahir tahun 1966 di Bangkok. Ia menamatkan sekolah di Universitas Chulalongkorn sebelum mengambil master di Universitas Boston, AS.

Dia menikah dengan pejabat pemerintah Thailand, Naras Savestanan. Ia sendiri kini menjabat sebagai presiden dan CEO perusahaan asuransi, Muang Thai Insurance.

Dari laman yang sama, diketahui Pang juga merupakan salah satu importir awal label desainer di Thailand dan memiliki distributor Herms, Saint Honorè. Dia juga salah satu pemilik Meister Technik, distributor resmi mobil Audi di negara tersebut.

Meski sibuk dengan bisnis, kecintaannya dengan olahraga sepak bola tak main-main. Sebelum menjadi manajer tim putra Thailand, Ia pernah menjadi manager timnas putri dan menjadi Presiden klub Thai Port FC.

Ia menegaskan bahwa sepak bola adalah gairah utama dalam hidupnya. Ia pun menyebut mengelola tim nasional adalah posisi yang dekat dengan kata hati.

“Dia manajer. Dia sosok yang sangat kuat. Dia punya hubungan yang sangat bagus dengan pemain,” kata pelatih Thailand Alexandre Polking di konferensi pers.

“Dia punya relasi yang membangun dengan klub. Dia juga berani ambil bagian. Hubungan seperti itulah, antara klub Thailand dan klub luar negeri, yang membuat tim Thailand seperti sekarang”.

Masih Mengkhawatirkan Tim Indonesia

Meski hanya butuh hasil imbang pada leg kedua nanti, Thailand masih memendam kekhawatiran terhadap Indonesia. Hal itu diungkapkan Madam Pang.

“Saya sangat khawatir karena Indonesia adalah tim dengan gaya permainan yang sangat cepat,” ujar Madam Pang dikutip CNN Indonesia dari Bongda24.

“Mereka memiliki energi muda dan menekan sepanjang pertandingan,” ucap Madam Pang menambahkan.

Sumber: detik com/cnn indonesia

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: